ALUMNI

Pembentukan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jatisrono

A. Pendahuluan

SMA Negeri 1 Jatisrono yang beralamatkan di Jl. Jatisrono-Wonogiri km 3 telah berdiri sejak tahun 1990/ 1991. Sampai saat ini SMA Negeri 1 Jatisrono telah meluluskan 19 angkatan dan mencetak generasi-generasi yang cerdas. Alumni yang telah lulus dari SMA Negeri 1 Jatisrono pergi dan meninggalkan almamater tercinta. Pada saat masih menjadi pelajar SMA, banyak suka duka yang dialami bersama-sama. Kenangan masa lalu sayang untuk dilupakan begitu saja karena begitu indah. Lebih dari itu, masa lalu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Selalu ada kerinduan di dalam diri untuk bisa kembali bersama dengan sahabat-sahabat tercinta karena tanpa disadari merekalah dahulu yang memotivasi hidup kita saat ini maupun di masa yang akan datang. Selama bertahun-tahun, waktu yang tidak singkat ini tentu telah banyak perubahan yang terjadi dalam hidup kita, namun satu yang tidak akan pernah berubah adalah persahabatan. Persahabatan akan lebih terasa manis dan bermakna jika diisi oleh ikatan silaturahim. Persahabatan itu saling peduli dan tidak mengenal perbedaan. Kepedulian tanpa memandang perbedaan merupakan dasar untuk menjalin persahabatan agar tetap abadi serta jalan untuk mewujudkan angan-angan dan cita-cita dalam rangka beribadah dan silaturahim.
Sekarang ini yang jadi permasalahan para alumni adalah dimana wadah untuk alumni tidak ada atau tidak dibentuknya sebuah organisasi yang merangkul alumni-alumni di SMA Negeri 1 Jatisrono. Ikatan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono juga belum memiliki kantor alumni di lokasi almamater. Tidak hanya itu permasalahannya kita belum memiliki dana operasional untuk menggaji tenaga sekretariat yang mampu mendukung kegiatan organisasi. Sedangkan tenaga pengurus inti mempunyai waktu terbatas untuk selalu duduk di sekretariat. Disamping itu data dan alamat serta potensi masing-masing alumni belum dipunyai secara baik sehingga sulit melakukan pemantauan atau kontak dengan para alumni.perangkat komunikasi yang kita miliki baru berupa telepon dan fax serta email yang menumpang dengan almamater. Sedang website belum kita miliki.
Melihat permasalahan tersebut, maka kami mempunyai suatu gagasan untuk membentuk suatu wadah untuk para alumni yang dapat bermanfaat bagi para alumni dan warga SMA Negeri 1 Jatisrono untuk mempererat silaturrahim antar alumni dengan Bapak/Ibu guru SMA beserta staf-stafnya dan juga dapat memberi manfaat khususnya bagi warga sekitar SMA Negeri 1 Jatisrono.
Ikatan alumni yang akan dibentuk di SMA Negeri 1 Jatisrono adalah organisasi yang akan menjadi pusat berkumpulnya para alumni SMA Negeri 1 Jatisrono, mulai dari angkatan pertama tahun 1990/ 1991 hingga angkatan terakhir. Melalui Ikatan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono, diharapkan ikatan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono ini menjadi lebih erat dan lebih besar meliputi seluruh angkatan, sehingga lebih berpotensi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan baik untuk sesama alumni, untuk almamater SMA Negeri 1 Jatisrono, dan untuk masyarakat secara umum. Ikatan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono merupakan sebuah organsasi ikatan yang berdiri/ berawal dari kecintaan para alumni SMA negeri 1 Jatisrono untuk membuat suatu ikatan yang tetap mempersatukan semua Alumni dari SMA Negeri 1 Jatisrono (SMANJA) sebagai satu keluarga besar. Pembentukan ikatan alumni karena adanya rasa kekeluargaan antara alumni satu dengan alumni lain yang merasa sudah saatnya SMA Negeri 1 Jatisrono tercinta ini memiliki suatu ikatan/organisasi yang berada diluar SMA yang mampu menampung aspirasi dan segala informasi tentang alumni, seperti SMA-SMA lain pada umumnya yang juga memiliki alumni. Dari rasa saling kekeluargaan dan membutuhkan itulah maka akan dibentuk ikatan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono. Organisasi ini memiliki visi membentuk alumni SMAN 1 Jatisrono menjadi kader bangsa yang mempunyai intelektual dan integritas dalam rangka mengaplikasikan wawasan dan dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta menjunjung tinggi nilai-nilai keorganisasian demi mengharumkan nama baik almamater dan organisasi.

B. Nama Organisasi

Pada tanggal 21 Juni 2009 telah berdiri sebuah organisasi yang di dirikan atas nama alumni dan bernaung dibawah SMA Negeri 1Jatisrono yang bernama IKATAN ALUMNI SMA NEGERI 1 JATISRONO yang disingkat IKA SMANJA. Keputusan tersebut berdasarkan atas Musyawarah Besar Alumni SMA Negeri 1 Jatisrono.

C. Tujuan

Tujuan dibentuknya Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jatisrono yaitu:
1. Dibangunnya suatu organisasi alumni yang mampu menjalankan programnya untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Dapat mendaya gunakan potemsi alumni bagi kemajuan almamater.
3. Dapat berperan bagi peningkatan karier alumni masing-masing.
4. Mempererat tali silaturrahim antar alumni, alumni dan guru serta para staf SMA Negeri 1 Jatisrono.
5. Membentuk dan menguatkan jaringan alumni SMA Negeri 1 Jatisrono.
6. Melakukan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk solidaritas sosial warga alumni SMA Negeri 1 Jatisrono.

Contact Person : 0821 3368 7100